Jumat, 29 Januari 2016

GAYA SIARAN RADIO MASA KINI SEMAKIN TIDAK BERMUTU

Buya Dive The Radioman menyiarkan :

GAYA SIARAN RADIO DI INDONESIA ( Bagian II )

GAYA SIARAN RADIO DI INDONESIA SEMAKIN TIDAK BERMUTU (Menampilkan Perbandingan Lewat Aksi Siaran Mr. Ron Sedaille)



Wahai sahabat radio broadcaster di Indonesia...

Semoga kita sepakat, bahwa keberadaan mayoritas penyiar dan gaya siaran radio masa kini yang semakin tidak bermutu, merupakan fakta yang sebenarnya...!! Silakan anda jujur, bukankah kebanyakan penyiar radio di negeri ini "lahir" dari bentukan ala kadarnya, dimana mereka bukan dimunculkan dari pelatihan dan pembelajaran ilmu siaran radio profesional yang sebenarnya...!?

Namun sepertinya, cukup dengan syarat-syarat standar seperti bersuara bagus, bisa bahasa inggris, anak gaul, bisa ngocol, bahkan ada pula yang menjadikan "ulah dan kebisaan" banci atau homo sexual menjadi modal "air personality" untuk siaran mereka..!? Dengan begitu, mereka pun lantas di anggap sudah menjadi penyiar, meski modal sebenarnya adalah lantaran dibiasakan atau terbiasa "ngoceh" ala "talk show" (yang gitu deh) dalam suatu acara siaran...

• Selanjutnya anda jangan heran, jika pendengar (awam) akhirnya terbiasa mendengar gaya siaran dengan suara yang di bulat-bulatkan (bukan "bulat" sebenarnya lantaran teknik vokal yang "sempurna")..!? Maka pengolahan suara seperti itu, sungguh kedengarannya tak lebih dari bunyi; "odho-odho... olho-olho... oblho-oblho...", mirip seperti orang yang lagi "keselek"...!?

• Ada lagi gaya siaran, yang penyiarnya (melulu) menyampaikan komunikasi tanya sendiri jawab sendiri,.!? Akibatnya, dikit-dikit ia menambahkan kata "YA" untuk seolah bertanya, atau berkesan memaksa pendengar untuk setuju dengan perkataannya..!?

• Begitu pula gaya bicara yang intonasinya patah-patah, pengucapan yang tidak jelas, atau bahkan gaya bicara yang monoton..!? Perihal ini disebabkan lantaran mereka kurang paham, bahwa irama komunikasi yang mewah lagi menarik untuk siaran radio, harus dapat diibaratkan seperti irama musik atau lagu yang indah dan mudah dipahami..!!

• Tidak ketinggalan gaya siaran dengan menampilkan canda "kering lagi garing", lewat program "talk show" yang dewasa ini menjadi tren bagi mayoritas siaran radio..!? Entahlah apa penyebabnya, bisa jadi lantaran "menjiplak" gaya "talk show" program televisi yang di anggap sukses, atau mungkin juga untuk menutupi lemahnya penyiar masa kini melakukan "single operating" sebagaimana contoh video siaran profesional di Amerika..!? Bukankah mereka mengaku "berkiblat" ke Amerika..!?

• Dan lain sebagainya...

Jika sudah begini, darimana jalannya STARA yang kualitas penyiarnya sebagaimana poin-poin di atas, akan sanggup menghadapi persaingan untuk perolehan "audience" dan iklan yang saat ini semakin di dominasi oleh beragam media besar dan sukses lainnya..!? Maaf saja, untuk bersaing dengan sesamanya saja sudah sangat jelas, bahwa mereka mengalami kerepotan yang luar biasa..!!

Padahal penyiar bersama kemampuan "air personality" yang prima, berkewajiban untuk sanggup membangun komunikasi yang cerdas lagi berisi, sehingga klaim “ujung tombak” yang sering "dilogokan" oleh mayoritas orang radio, bukanlah sekadar ucapan kosong belaka..!? Jadi bukan malah mengalihkan kelemahan prinsip "ujung tombak" tersebut, dengan mengkompensasikannya melalui ideasi program musik atau pengudaraan lagu yang dijadikan andalan bagi siaran radio..!?

Jika anda tetap "ngotot" mengikuti ideasi yang sebenarnya lemah seperti itu, artinya anda lupa bahwa beragam media sukses diluar sana, sungguh mereka sudah pasti punya program musik dan lagu..!! Apalagi gadget pribadi masa kini, sudah pasti (juga) pemiliknya akan mengoleksi musik dan lagu kesenangan di dalam "gadget" mereka. Buat apa mereka buang-buang pulsa atau kuota, hanya untuk mendengarkan tawaran musik dan lagu lewat fasilitas "streaming" radio anda..!? Bahkan untuk mendengarkan siaran radio secara gratis lewat "gadget" itu pun, yakinlah mereka tidak akan sudi buang waktu mendengarkan musik dan lagu yang belum tentu pula mereka sukai..!?

So be wise and smart thinking..!!

Segera benahi para penyiar anda, melalui terapan dan pengelolaan "air personality" yang benar-benar profesional, jika STARA anda ingin tetap “survive”, sukses, serta menghasilkan...

Need Help..!? 【ツ】

Bersambung...


L♥ve and Respect;
Buya Dive The Radioman
Hotline : 081295904566


Tidak ada komentar:

Posting Komentar